Miliki 2 Perpustakaan, Dinarpus Targetkan 35 Ribu Pengunjung

by
BACA - Pengunjung Perpustakaan menggunakan protokol kesehatan saat membaca buku.

KOTA – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan sempat menghentikan layanan dan kunjungan ke Perpustakaan Daerah setempat pada awal Maret sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19. Layanan perpustakaan kembali di buka pada pertengahan bulan Juni 2020 hingga saat ini dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Salah satunya membatasi jumlah kunjungan ke perpustakaan. Kendati demikian, target pengunjung di tahun 2020 dapat tercapai sekitar 39 ribu kunjungan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Akuisisi, Pengolahan, dan Layanan Pustaka, Junaenah SAP MM saat ditemui di Kantor Dinarpus setempat, Rabu (3/2/2021).

Ia mengungkapkan, dengan mengoptimalkan layanan pada dua perpustakaan daerah Kota Pekalongan, tahun 2021 pihaknya menargetkan sebanyak 35 ribu kunjungan pustakawan.

“Selama tahun 2020, kami juga melakukan sejumlah kegiatan secara online dan pelatihan kreativitas bagi masyarakat. Alhamdulilah disambut antusias. Tahun ini kami upayakan untuk pelatihan-pelatihan serupa yang lebih kreatif dan bisa mengembangkan minat bakat masyarakat,” terangnya.

Adapun untuk jam layanan perpustakaan, pada hari Senin-Kamis buka mulai pukul 08.00-14.00 dan Hari Jumat pukul 08.00-11.00. Sementara untuk hari sabtu, hari minggu, hari libur nasional tidak melayani kunjungan perpustakaan. (mal)