Kategori Obyek Vital Boleh Berkegiatan

by
Sekda Kendal Moh Toha

*Pemkab Sikapi Gerakan Jateng di Rumah Saja

KENDAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal akan segera merilis surat turunannya dari surat edaran (SE) Guberbur Jawa Tengah, No. 443.5/0001933 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Prokes pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) Tahap 2 di Jawa Tengah. Salah satu poinnya adalah “Gerakan Jateng di Rumah Saja Selama 2 Hari”.

“Kamis besok (4/2/2021), kita rilis surat turunannya sehingga masyarakat segera mengetahuinya. Ini segi administrasinya. Implementasi gerakan itu tanggal 6-7 Februari 2021,” kata Setda Kendal Moh Toha, Rabu (3/2/2021).

Moh Toha mengungkapkan, bagaimana kesiapan penerapan gerakan jateng di rumah saja nantinya. Supaya dapat diketahui oleh masyarakat lebih luas, Pemkab Kendal akan mensosialisasikannya melalui spanduk-spanduk dan baliho-baliho yang dipasang pada tempat strategis. Pelaksana tugas sosialiai dengan melibatkan Dinas Kominfo Kendal.

“Himbauan akan kita berikan melalui spanduk-spanduk dan baliho-baliho. Dengan begitu masyarakat akan mengetahuinya gerakan jateng di rumah saja selama dua hari. Pemasanganya di beberapa tempat strategis,” ungkapnya.

Toha menyatakan, bahwa inti gerakan jateng di rumah saja bukan berarti semua kegiatan berhenti, karena ada kegiatan pengecualian yang bisa berhenti secara serta merta. Banyak kegiatan pengecualian tersebut yang harus tetaop berjalan dan tak terpengaruh dengan gerakan jateng di rumah saja. Seperti, pelayanan kesehatan, kebencanaan, keamanan, energi, komunikasi dan tekhnologi informasi, keuangan, perbankkan, logistik, dan kebutuhan pokok masyarakat, perhotelan, isndustri strategis, pelayanan dasar, serta utilitas publik.