Soal SE Gubernur, Wihaji Pilih Jalan Tengah

by
SAMPAIKAN KEBIJAKAN - Bupati Wihaji saat menyampaikan informasi terkait penerapan Program Dua Hari di Rumah Saja di Batang.

*Prioritaskan Pengetatan Prokes

BATANG – Bupati Batang menyetujui rencana Program Dua Hari di Rumah yang dicanangkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, 6-7 Februari nanti. Meski begitu, dalam pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kondisi lokal di Batang, dan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

“Jadi di poin akhir Surat Edaran tersebut tetap akan melihat suasana lokal. Kami akan mencoba menterjemahkan Surat Edaran tersebut dengan suasana kebatinan masyarakat Batang. Seperti pelaku UMKM yang mungkin justru mendapatkan rezeki saat weekend. Sehingga SE itu tetap kami terapkan menyesuaikan dengan kondisi lokal Batang. Program Dua Hari di Rumah saja akan kami laksanakan, dengan poin penting yang dijalankan dengan lebih memperketat Prokes,” ujarnya saat ditemui awak media, Rabu (3/2/2021).

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat ini bisa menjadi jalan tengah dari program ini. Dengan harapan masyarakat Batang bisa mengurangi aktivitas yang kurang penting di rumah dan melaksanakan protokol kesehatan ketat jika harus terpaksa keluar rumah.

“Terkait dengan Prokes akan kami berlakukan dengan batasan seperti pelaksanaan PPKM. Jadi bagi masyarakat yang memang tidak berkepentingan lebih baik memang di rumah saja, tetapi misal ada yang harus keluar rumah untuk mencari nafkah dan sebagainya, dimohon untuk melaksanakan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Ke depan jika angka Covid-19 belum menurun, Pemkab Batang akan dilaksanakan sistem denda untuk pelanggaran Prokes saat PPKM. Pihaknya juga nanti akan secara langsung memantau pelaksanaan Prokes di masyarakat bersama Tim satgas Covid-19.

“Sebenarnya program ini salah satu ikhtiar program Pak Gubernur untuk menurunkan angka Covid-19 di Jateng. Namun bentuk ikhtiar ini akan kami terjemahkan sesuai dengan suasana kebatinan lokal warga Batang. Kami harap dengan penerapan Prokes ketat ini bisa membantu iktiar untuk menurunkan Angka Covid-19 di Batang,” pungkasnya. (nov)