Perumda Tirta Kajen Genjot Cakupan Pelayanan Air Minum

by
Nur Wachid

KAJEN – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kajen, Kabupaten Pekalongan, terus bekerja keras untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum bagi masyarakat. Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen, Nur Wachid, Kamis (28/1/2021), mengatakan, pada tahun 2021 ini Perumda Tirta Kajen menargetkan penambahan akses layanan air minum melalui pemasangan 3500 Sambungan Rumah (SR). Menurutnya, ada beberapa program untuk mencapai target cakupan pelayanan air minum tersebut.

Disebutkan, pertama adalah program Hibah Air Minum Perkotaan (HAMK). Pihaknya sudah mengusulkan 2000 calon SR untuk program ini ke Kementerian PUPR, ditambah cadangannya 5 persen. Sehingga total yang diusulkan ada 2100 calon SR melalui program tersebut.

“Program ini untuk tahun 2021 ini. Pada akhir 2020 lalu, kami sudah mengajukan keikutsertaan program HAMK sebanyak 2000 calon sambungan rumah. Atas juknis-nya, karena yang kita ajukan 2000, maka harus ada cadangan 5 persen. Sehingga by name by adress yang kita kirim ke Kementerian PUPR sejumlah 2100,” terang dia.

Apabila masyarakat menginginkan untuk mengikuti program itu, lanjut dia, bisa mengajukan diri di kuartal akhir tahun 2021 nanti. Masyarakat bisa mengikutinya sepanjang memenuhi syarat. Baik syarat teknis dari kecukupan airnya maupun syarat-syarat yang lain. “Baru nanti kita usulkan untuk tahun 2022,” katanya.

Dikatakan, untuk program HAMK itu syaratnya cukup mudah. Syarat utamanya adalah calon penerima listrik rumahnya tidak boleh lebih dari 1300, rumah tidak tingkat, dan bukan tempat usaha. Syarat teknis kedua adalah PDAM masih memiliki kapasitas produksi tidak terpakai (idle capacity).