Pembeli Bingung, Harga Cabai Masih Naik Turun

by
LAYANI PEMBELI - Salah satu pedagang cabai saat memilah cabai dagangannya.

BATANG – Meski sempat turun beberapa waktu lalu, harga cabai di Batang terbilang masih fluktuatif. Terlebih cabai setan yang masih menyentuh harga di kisaran Rp 75-85 ribu per kilogram.

Hal ini seperti dituturkan salah satu pedagang, Janah. Ia mengaku memang harga cabai setan sudah sempat turun sekitar Rp 65-75 ribu. Tetapi sempat naik kembali Rp 80 ribu, dan kini sekitar Rp 70-75 ribu. Sementara untuk cabai jenis lainnya, seperti cabai besar harga saat ini Rp 34 ribu per kilo. Sedangkan untuk cabai keriting di kisaran Rp 45 ribu per kilo.

“Yang masih mahal cabai setan, masih sekitar Rp 70-75 ribu perkilo. Kalau cabai merah besar tadinya sudah turun sekitar Rp 28 ribu tapi naik lagi jadi Rp 34 ribu per kilo. Kalau yang keriting Rp 45 ribu per kilo,” jelasnya.

Harga yang naik turun ini pun dikeluhkan pembeli. Salah satunya Yanna, yang memiliki usaha rumah makan. Menurutnya, dengan harga yang naik turun juga mempengaruhi harga dagangan dan kualitas cabai dalam masakan yang dijajakannya.

“Sebagai pembeli yang punya usaha warung makan, jujur saya bingung juga. Karena mahalnya harga cabai juga membuat kami menyesuaikan takaran cabai sesuai dengan harga makanan yang dijual. Terpaksa kalau lagi mahal saya kurangi jumlah cabainya. Tetapi kadang pelanggan juga protes, serba salah tapi bagaimana. Untung sedikit tidak apa-apa yang penting pelanggan tidak lari,” pungkasnya. (nov)