Nyalon Kades Nipu Kades

by
DIAMANKAN - Tersangka diamankan anggota Polsek Doro untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya.

**Gelapkan Pohon Sengon Senilai Rp 100 Juta
**Pelaku Ditangkap Setelah Buron Setahun

KAJEN – Demi untuk membiayai nyalon Kepala Desa (Kades) Songgodadi, Kecamatan Petungkriyono pada tahun 2019, Mizwan (47) nekad mengelabui temannya Kades Randusari, Kecamatan Doro, Mizwan, senilai Rp 100 juta.

Atas kasus itu, korban melaporkan ke Polsek Doro. Alhasil dari hasil penyelidikan, Polisi menetapkan Mizwa sebagai tersangka. Pelaku yang mengetahui statusnya menjadi tersangka pun kabur ke Jakarta. Oleh Polisi nama tersangka dimasukkan ke Daftar Pencarian Orang (DPO). Setahun setelah menjadi buron, pelaku pulang. Polisi yang mendengar keberadaan tersangka langsung menangkap di rumahnya, kemarin. Saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan lebih lanjut.

Data dihimpun, peristiwa penipuan itu terjadi pada 15 Oktober 2019 di rumah korban di Desa Randusari Kecamatan Doro. Saat itu tersangka datang ke rumah Kepala Desa Randusari, Kecamatan Doro, Mizwan dengan maksud akan meminjam uang untuk modal nyalon kepala desa. Namun saat itu korban tidak punya uang.

Karena gagal meminjam uang, korban dan pelaku yang sudah kenal akrab melanjutnya dengan berbincang-bincang. Saat perbincangan itulah, korban menawarkan pohon sengon miliknya kepada tersangka dengan harga Rp 100 Juta. Saat itulah muncul niat buruk korban. Ia kemudian meminta korban untuk mengecek lokasi pohon.

Setelah melakukan pemantauan, kedua belah pihak sepakat pohon sengong dihargai Rp 100 juta. Dalam kesepakatan, tersangka bersedia membeli sengon tapi dengan pembayaran 6 bulan kemudian. Selanjutnya setelah ada kesepakatan, keesokan harinya tersangka menyuruh orang untuk menebang pohon sengon milik korban.