DPRD Segera Kirim Penetapan Paslon Terpilih ke Gubernur

by
RAPAT PARIPURNA - DPRD Kota Pekalongan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda pengumuman wali kota dan wakil wali kota terpilih serta akhir masa jabatan wali kota dan wakil wali kota sisa masa jabatan tahun 2016-2021.

KOTA – DPRD Kota Pekalongan akan segera mengirimkan penetapan pasangan wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam Pilkada kepada Mendagri melalui Gubernur Jawa Tengah. Pengiriman akan dilakukan maksimal lima hari kerja terhitung setelah penetapan diumumkan dalam Rapat Paripurna DPRD, Rabu (27/1/2021).

“Dari DPRD selama 5 hari kerja kami mempunyai kewajiban mengirimkan surat peresmian pengumuman ini kepada Mendagri melalui Gubernur Jawa Tengah. Setelah itu kapan pelantikan dan tindak lanjutnya kami masih menunggu surat dari Mendagri atau Gubernur mengenai proses pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih,” tutur Plt Ketua DPRD Kota Pekalongan, Nusron, yang ditemui usai Rapat Paripurna, Rabu (27/1/2021).

Sebelumnya, dalam Rapat Paripurna Nusron membacakan berita acara Rapat Paripurna DPRD Kota Pekalongan yakni Keputusan KPU Kota Pekalongan Nomor 9/PL.02.7-Kpt/3375/KPU-Kot/I/2021 tentang Penetapan Paslon Terpilih dalam Pilwalkot dan Wawalkot Tahun 2020 dan Berita Acara KPU Kota Pekalongan Nomor 126/PL.02.7-BA/3375/KPU-Kot/I/2021 Tanggal 21 Januari 2021 tentang Penetapan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih dalam Pemilu serentak 2020 lalu, paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekalongan nomor urut 1 A Afzan Arslan Djunaid–Salahudin dengan perolehan suara sebanyak 94.971 suara atau 55,25% dari total suara sah.

Setelah pembacaan keputusan KPU tentang wali kota dan wakil wali kota terpilih, Nusron juga membacakan pengumuman terkait akhir masa jabatan wali kota dan wakil wali kota sisa masa jabatan 2016-2021 yakni Wali Kota M Saelany Machfudz dan Wakil Wali Kota A Afzan Arslan Djunaid jatuh pada 17 Februari 2021.

Sementara pengumuman oleh DPRD tentang wali kota dan wakil wali kota terpilih serta akhir masa jabatan wali kota dan wakil wali kota sisa masa jabatan tahun 2016-2021, dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pekalongan, Edy Supriyanto.

Hadir dalam Rapat Paripurna, Wali Kota Pekalongan, M Saelany Machfudz, Wakil Wali Kota, A Afzan Arslan Djunaid yang sekaligus wali kota terpilih dan juga Wakil Wali Kota terpilih, Salahudin serta jajaran Forkompimda Kota Pekalongan.(nul)