Dinkes Siapkan Tim KIPI

by
DISUNTIK VAKSIN - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi disuntik vaksin Covid-19 oleh Kepala Puskesmas Kesesi 1 dr Riyan Ardana usai pencanangan vaksinasi tingkat kabupaten, kemarin.

**Dua RS Dijadikan Rujukan

KESESI – Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan menyiapkan dua rumah sakit rujukan untuk menangani Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) berat. Yakni, RSUD Kajen dan Kraton.

Jika KIPI ringan hingga sedang, di fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk lokasi vaksinasi Covid-19 sudah menyiapkan ruang khusus untuk menanganinya. Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi ditemui usai disuntik vaksin, kemarin siang, mengaku tidak merasakan keluhan apapun usai divaksin. Bupati merupakan orang pertama di Kabupaten Pekalongan yang disuntik vaksin usai pencanangan vaksinasi di Puskesmas Kesesi 1, kemarin.

Beberapa pejabat dari unsur Forkompinda lainnya ditunda vaksinasinya karena alasan kesehatan. Di antaranya ada yang saat itu tensinya tinggi. Bupati Pekalongan Asip Kholbihi usai divaksin, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pekalongan sesuai dengan instruksi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melaksanakan pencanangan vaksinasi tahun 2021. Dalam pencanangan itu unsur Forkompinda yang kali pertama disuntik. Bahkan, Bupati orang pertama yang divaksin.

“Saya lulus skrining. Saya sudah divaksinasi. Saya berharap kepada seluruh masyarakat mendukung vaksinasi ini sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19. Dengan ini mudah-mudahan jumlah yang terpapar akan semakin berkurang,” ujar Asip.

Dikatakan, untuk vaksinasi tahap pertama adalah Forkominda dan tenaga kesehatan yang jumlahnya 3000-an. “Mudah-mudahan mereka setelah selesai divaksin bisa memberi pelayanan prima. Setelah divaksin tadi saya tidak merasa apa-apa (tidak ada efek samping, red). Mudah-mudahan tidak ada efek atau apapun,” kata Bupati.