Unik, Pemilihan Ketua RT Digelar Mirip Sistem Pilkada

by
CALON - Ketiga calon ketua RT 03, Sudarno (kanan) sebagai ketua RT terpilih, Baido (tengah) dan Faizin (kiri). Pemilihan ketua RT digelar dengan sistem yang mirip dengan Pilkada.

KOTA – Ada yang berbeda dari kegiatan pemilihan ketua RT di lingkungan RT 03 RW 04, Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang 16, Kelurahan Tirto, Jumat (22/1/2021) malam. Warga setempat menggelar pemilihan dengan tata cara yang mirip dengan sistem yang dilaksanakan saat pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Digelar di salah satu lokasi produksi batik milik warga setempat, pemilihan ketua RT dilaksanakan melalui pemungutan suara yang dilengkapi dengan sarpras seperti surat suara, bilik pencoblosan dan kotak suara. Bahkan tiga orang calon ketua RT yang maju, masing-masing juga melengkapi diri dengan visi-misi sebagai bahan kampanye kepada warga.

Ketiga calon yang maju dalam pemilihan yakni Sudarno yang merupakan calon incumbent, Baido dan Faizin. Dalam pemungutan suara, Sudarno unggul dengan 135 suara diikuti oleh Faizin dengan 36 suara dan Baido dengan 33 suara. Berdasarkan data panitia, dari 282 warga terdapat 205 warga yang hadir dan memberikan suara dengan 1 surat suara rusak.

Ketua Panitia Kegiatan, Ali Subchan menjelaskan, tujuan digelarnya pemilihan ketua RT dengan sistem seperti Pilkada yakni untuk mengajak masyarakat belajar berdemokrasi. “Kami ingin mengajak masyarakat belajar bagaimana sistem pemilu yang diterapkan saat Pilkada kemarin. Caranya dengan menerapkanya dalam pemilihan ketua RT ini,” tuturnya.

Dikatakan Ali, sebagian masyarakat hanya menjadi pemilih dalam Pilkada lalu dan hanya sebagian kecil yang terlibat sebagai panitia pemilihan. Sehingga tidak seluruhnya paham bagaimana tata cara Pilkada yang sebenarnya. “Melalui kegiatan ini masyarakat diharapkan dapat mengetahui secara langsung bagaimana sebenarnya sistem pemilihan yang dilaksanakan dalam Pilkada. Mereka juga terlibat langsung sehingga turut dapat belajar dan menambah wawasan,” tambahnya.