4.920 Paket Vaksin Covid-19 Tiba di Batang, Besok Mulai Digunakan

by
Petugas Satlantas dan Sabhara dari Polres Batang mengawal proses distribusi vaksin Covid-19 dari Semarang hingga Batang. Istimewa

BATANG – Sebanyak 4.920 paket vaksin Covid-19 Sinovac dari China telah tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Sabtu (23/01/2021) siang kemarin. Vaksin tersebut direncanakan akan dipergunakan untuk vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan.

“Untuk vaksin Covid-19 sudah tiba di Batang, dan saat ini kita simpan di gudang Dinas Kesehatan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Batang, Mukhlasin kepada radarpekalongan.co.id, Minggu (24/01/2020) melalui telpon.

Mukhlasin menjelaskan, untuk vaksin yang sudah tiba di Batang sebanyak 4.920 paket dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah. Vaksin tersebut akan dipergunakan untuk vaksinasi kelompok pertama, yaitu tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Batang.

“Untuk pencanangan vaksinasi Covid-19, Insyaallah akan dilakukan Senin (25/01/2021) di RSUD Kalisari Batang. Untuk yang divaksin pertama yaitu Bupati dan Wakil Bupati, Forkompinda plus, Ketua MUI, Ketua PCNU dan tokoh lainnya,” jelas Mukhlasin.

Lebih lanjut dijelaskan, setelah pencanangan, selanjutnya vaksinasi akan dilakukan di 21 Puskesmas yang ada di 15 kecamatan. Selain itu juga di tiga rumah sakit dan dua klinik kesehatan. “Kami sudah siapkan semua, baik tenaga medis maupun tempat untuk melaksanakan vaksinasi. Selain itu, 3 ribu tenaga medis untuk melaksanakan vaksinasi atau Vaksinator juga sudah kita siapkan,” beber Mukhlasin.

Selain vaksin, Dinas Kesehatan juga menerima logistik pendukung lainnya untuk pelaksanaan vaksinasi. Diantaranya ADS 5.000 paket, Safety box 50 paket, APD imunisasi 50 paket dan beberapa penunjang lainnya.

Vaksin sendiri diambil oleh petugas dari Dinas Kesehatan Batang dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Semarang dan mendapat pengawalan dari petugas kepolisian dari Polres Batang. Selain itu, dalam penyimpannya juga mendapat penjagaan dari petugas bersenjata setiap harinya. (don)