Tiga EWS Dipasang Di Bodas

by
PASANG EWS - BPBD Kabupaten Pekalongan bersama Dinas ESDM Jateng memasang tiga EWS di Desa Bodas, Kecamatan Kandangserang.

“Masih ada ya mungkin. Karena EWS itu kawatnya putus. Yang di dekat musala itu. Selain itu, EWS yang di sebelah barat desa itu, malah sekarang bergeser. Tiangnya bergeser kurang lebih 1 meter. Dulu kan tepat di pinggir jalan, sekarang geser itu. Berarti kan masih ada gerakan tanah,” kata dia.

Dikatakan, rencananya pada tanggal 20 Januari berdasarkan informasi yang ia terima di desanya akan dipasang EWS.

“Kemarin dari Dinas ESDM Provinsi Jateng, BPBD Provinsi Jateng, bergabung dari kabupaten ke sini. Dari ESDM malah selama dua hari ke sini terus. Katanya sih rencana tanggal 20 mau dipasang EWS di tiga titik,” terang dia.

Seperti diketahui, bencana tanah gerak di Desa Bodas, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan berdampak pada 95 rumah di Dukuh Bodas 1 dan Bodas 2. Jumlah warga yang terdampak bencana itu mencapai 409 jiwa.

Kades Bodas, Wasgito, Selasa (15/12/2020), mengatakan, total lahan yang terdampak bencana tanah gerak di desanya sekitar 30 hektar. Dari total lahan tersebut, untuk lahan pertanian yang terdampak sekitar 5 hektar.

“Rumah yang terdampak mencapai 95 rumah di Dukuh Bodas 1 dan Bodas 2. Jumlah warga yang terdampak 409 jiwa,” terang dia.