KPU Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pilkada Kendal 2020

by
TETAPKAN - Rapat pleno, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal menetapkan Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kendal terpilih yang unggul di Pilkada Kendal 2020.

*Dico-Basuki Siap Terima Saran dan Masukan

KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal menetapkan Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kendal terpilih yang unggul di Pilkada Kendal 2020. Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang digelar di Aula KPU, Kamis (21/1/2021) siang. Kedua pasangan calon berkemaja warna putih dan celana hitam itu tampak hadir ditemani oleh istrinya masing-masing.

Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria mengatakan, penetapan ini tertuang dalam surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kendal Nomor 9/PL.02.7-Kpt/3324/KPU-Kab/1/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal Tahun 2020. Prosesi penetapannya sudah sesuai dengan dasar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

“Dasar lainnya surat panitra Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Nomor:165/PAN.MK/01/2021 Tentang Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot Tahun 2021 yang Diregistrasi di Mahkamah Konstitusi pada 20 Januari 2021. Surat panitra Mahkamah itu perihal Keterangan PHP yang sudah teregister menyatakan bahwa di Kendal tidak ada gugatan PHP ke MK. Maksimal 5 hari dari itu dilakukan penetapan calon terpilih,” katanya.

Hevy menyatakan, terkait kapan waktu pelantikan bupati dan wakil bupati merupakan kewenangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Sedangkan waktunya diusulkan oleh DPRD Kendal kepada Mendagri melalui Gubernur. “Pelantikan anahnya ada di Mendagri, pengusulanya dari DPRD Kendal melalui Gubernur. Untuk jabatan Bupati dan Wakil Bupati saat ini, berakhir pada 16 Februari 2021,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati terpilih Dico M Ganinduto, mengungkapkan rasa syukur atas penetapan dirinya bersama Wabup Windu Suko Basuki. Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang mendukungnya. “Terima kasih atas dukungan semuanya. Kami akan menjalankan amanah dari masyarakat, untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kendal sesuai dengan visi misi kami,” katanya.

Dico mengungkapkan, dalam menjalankan pemerintahanya nanti akan dilakukan dengan sinergisitas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing sebagai bupati dan wakil bupati. Selain itu untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kendal komunikasi antar keduanya terus akan dibangung hingga nanti diakhir pemerintahannya. “Kami juga tidak alergi untuk menerima saran dan masukan untuk bersama-sama membangun Kendal semakin maju dan masyarakatnya sejahtera,” ungkapnya. (lid)