Pemkab Salurkan Bantuan pada keluarga 12 ABK Hilang

by
SANTUNAN - Bupati Batang Wihaji memberikan santunan pada keluarga 12 ABK KMN Berkah Abadi yang mengalami kecelakaan laut, Kamis (21/1/2021).

“Untuk 9 ABK yang lainnya, bilamana mengalami kecelakaan kerja dan mengakibatkan meninggal dunia, maka BPJamsostek akan memberikan santunan sebesar Rp 70 juta dengan perincinan santunan kematian karena kecelakaan kerja Rp 48 juta, santunan berkala yang diberikan sekaligus Rp 12 juta, dan biaya pemakaman Rp 10 juta,” paparnya.

Dijelaskan Bambang, untuk proses pencairan jaminan kematian karena kecelakaan kerja, pihaknya masih menunggu munculnya rilis resmi atau surat pemberitahuan resmi dari Basarnas yang diketahui oleh Kepolisian dan surat resmi yang dikeluarkan oleh Syahbandar.

“Baru setelah itu ahli waris segera membuat akta kematian, dan jika berkas sudah dinyatakan lengkap maka proses pembayaran santunan akan segera diproses. Lalu, untuk mekanisme pembayaran semuanya menggunakan transfer pada ahli waris yang ditunjuk, jadi tidak melalui orang perorang,” katanya.

Ditambahkan dia, pihaknya berharap agar ke depan pemilik kapal atau pengurus kapal di Kabupaten Batang dapat melindungi ABK dengan mendaftarkannya ke BPJamsostek, sehingga saat akan melaut ABK akan dilindungi oleh BPJamsostek. (fel)