Pemkab Salurkan Bantuan pada keluarga 12 ABK Hilang

by
SANTUNAN - Bupati Batang Wihaji memberikan santunan pada keluarga 12 ABK KMN Berkah Abadi yang mengalami kecelakaan laut, Kamis (21/1/2021).

Hal itu dibenarkan Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Batang, Bambang Indriyanto. Ia mengatakan, bahwa BPJamsostek siap untuk memberikan klaim santunan kematian pada ABK yang telah terdaftar sebagai peserta.

“Adapun dari total 14 ABK KMN Berkah Abadi yang mengalami kecelakaan kerja, hanya 10 diantaranya yang telah terdaftar sebagai peserta BPJamsostek. Empat ABK lainnya tidak terdaftar,” bebernya.

Adapun dari 10 ABK yang terdaftar sebagai peserta BPJamsostek, satu ABK di antaranya telah ditemukan dengan kondisi selamat, yakni Kadarso.

“Karena beliau selamat, sehingga selama proses penyembuhan baik di rumah sakit maupun saat nanti sudah kembali ke rumah, maka bisa menggunakan mekanisme pelayanan layanan kesehatan kecelakaan kerja. Jadi pembiayaan akan kami tanggung semua,” jelasnya.

Sementara itu, untuk sembilan ABK yang kini belum dapat ditemukan dan sudah terdaftar pada keikutsertaan peserta BPJamsostek, maka mereka dipastikan mendapat santunan kurang lebih sebesar Rp 70 juta, apabila meninggal dunia.