Vaksinasi Dijadwalkan Februari

by
Setiawan Dwiantoro

“Tempat untuk vaksin ada 31 faskes yang sudah kita siapkan dan sudah simulasi. Yaitu di 27 Puskesmas, tiga rumah sakit, dan satu klinik,” ujar Wawan.

Alokasi vaksin tersebut bagian tahapan proses vaksinasi untuk tahap awal. Kebutuhan vaksin tahap awal nantinya akan dipenuhi secara bertahap sampai bulan April.

“Kita bikin roadmap vaksinasi sampai Desember. Itu sampai lima tahapan tadi. Satu nakes, kedua aparatur pemerintah, ketiga yang memiliki risiko, usia 18-59 tahun, berikutnya yang kontak berat risiko. Itu nanti jelas akan mempunyai spesifikasi sendiri,” kata dia.

Untuk vaksinasi bagi masyarakat luas, kata dia, direncanakan setelah bulan April 2021. “Itu roadmapnya. Tapi itu nanti tergantung juga dengan pusat. Kapan pelaksanaannya nanti melihat situasi dan kondisi yang ada,” ujar dia.

Ia berharap, semua harus mendukung program vaksinasi Covid-19. Karena vaksin ini adalah salah satu cara untuk memberikan kekebalan kepada masyarakat.

“Jika vaksinasi berjalan sukses harapannya akan ada kekebalan terhadap populasi. Populasi akan kebal terhadap Covid sehingga sangat membantu,” kata dia. (had)