Tidak Ada Klaster Pilkada

by
MEDIA GATHERING - KPUD Kabupaten Pekalongan menggelar media gathering dengan awak media, kemarin.

KARANGANYAR – Meski Pilkada 2020 dilaksanakan di tengah pandemi, pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Pekalongan mampu berjalan dengan suakses, aman, dan damai. Tidak ada klaster Pilkada di Kota Santri. Tingkat partisipasi kehadiran di TPS juga melampui target nasional.

“Tidak ada klaster Pilkada. Tidak ada temuan paska pemungutan suara ada lonjakan kasus,” ujar Ketua KPUD Kabupaten Pekalongan Abi Rizal saat media gathering di salah satu rumah makan di Kecamatan Karanganyar, Kamis (21/1/2021) siang.

Abi mengatakan, pihaknya berencana membuat buku perjalanan pemilihan bupati dan wakil bupati di tengah pandemi.

Serapan hibah dari pemda, lanjut dia, hampir 90 persen dari anggaran yang KPUD terima. Serapan itu cukup bagus dibandingkan daerah lainnya. Menurutnya, kabupaten lainnya tingkat serapan anggarannya 60-70 persen.

Sementara itu, Komisioner KPUD Achyar menambahkan, tingkat partisipasi kehadiran di TPS mencapai 78 persen, dari target nasional 77,5 persen. Di masing-masing kecamatan/desa rata-rata tingkat kehadirannya 78 persen. “Ada yang tingkat partisipasi di kecamatan sampai 80, ada pula yang 70. Rata-rata 78 persen,” terang dia.