Penundaan AKM Disambut Positif

by
SIMULASI - Kegiatan Simulasi AKM jenjang SD yang dilakukan beberapa waktu lalu.

*Disdikbud Siap Matangkan Persiapan

BATANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI resmi memutuskan terkait penundaan jadwal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun 2021 ini. AKM yang sedianya akan digelar Maret ini dijadwalkan mundur pada bulan September-Oktober 2021. Penundaan ini dilakukan lantaran angka kasus Covid-19 yang masih meningkat tiap hari dan belum maksimalnya persiapan AKM di beberapa daerah.

Menanggapi kebijakan tersebut, Disdikbud Batang melalui Kabid Dikdas, Sumanto sepakat terkait penundaan AKM. Pasalnya jika dilakukan seperti jadwal awal, masih banyak persiapan yang harus dilakukan, seperti terkait sarpras dan siswa.

“Bagi kami sangat melegakan. Sebab jika AKM SMP dilaksanakan Maret, sedangkan persiapan belum mantap. Juknis saja belum disusun. Simulasi selama ini juga belum berhasil. Sekolah belum siap apalagi kita masih PJJ sehingga capaian materi juga sangat rendah,” jelas Sumanto saat diwawancarai, Kamis (21/1/2021).

Ke depan pihaknya masih menunggu surat resmi terkait perkembangan program AKM tahun 2021. Disdikbud kini juga fokus pada persiapan sarpras dan juga persiapan anak didik dalam menghadapi AKM.

“Kami akan mematangkan persiapan, baik terkait sarpras ataupun siswa. Untuk jenjang SD, masih banyak sekokah yang belum memiliki komputer dan jaringan internet memadai. Sedangkan dua faktor ini merupakan dua kebutuhan pokok dalam pelaksanaan AKM,” imbuhnya.

Selain anak didik, Disdikbud juga akan meningkatkan kompetensi guru terkait numerasi dan literasi. Selain itu, sosialisasi terkait AKM akan lebih dimasifkan. (nov)