Era 4.0, Ketrampilan Jadi Modal Utama Siswa

by
DOK - Salah satu kegiatan pembinaan mental SMK Dwija Praja sebelum pandemi.

*SMK Dwija Praja

KOTA – Dalam menghadapi tantang masa depan di era 4.0 yang tidak menentu dan semakin sengit persaingannya, SMK Dwija Praja berupaya mencetak siswa-siswa yang langsung siap terjuan ke masyarakat dengan bekal ketrampilan yang menjadi kompetensi utama siswa. Hal ini disampaikan Waka Kesiswaan SMK Dwija Praja Alimin, Kamis (21/1/2021).

“Kami memang menyiapkan siswa-siswi dengan ketrampilan yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, jadi ketika mereka lulus langsung bisa terjun ke masyarakat,” ungkap Alimin.

Laki-laki yang hobi membaca ini pun mengungkapkan, bahwa sebelum siswa-siswi SMK Dwija Praja sebelum lulus pun tidak sedikit mereka yang sudah mempunyai kompetensi secara profesional. “Karena mereka memang langsung dilatih oleh para ahlinya, misalnya bidang otomotif mereka langsung mengikuti kurikulum honda, jadi mereka benar-benar terlatih secara profesional,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga mengaku menyediakan ekstra yang juga menunjang karir mereka sebagaimana layaknya sekolah pada umumnya, jadi mereka bisa terfasilitasi dengan baik. “Kami memang ada beberpa ekstra yang mendukung karir mereka, meskipun di SMK ekstra umum seperti disekolah-sekolah pada umumnya tetap ada,” terangnya.

Dengan segala kelebihan itu, pihaknya mengaku animo masyarakat sekitar dengan SMK Dwija Praja sangat positif, ini terbukti dari jumlah siswa yang ikut bergabung cukup banyak. “Kami memberikan fasilitas di dunia profesi, misalnya jurusan otomotif, pengelasan, multimedia serta listrik,” jelas Alimin.

Ia berharap, pihaknya bisa memberikan yang terbaik bagi putra putri mereka yang diamanahkan pada pihaknya, sehingga mereka bisa mengisi semua bidang yang dibutuhkan oleh masyarakat. (mal)