Sah! Aaf-Salahudin Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih

by
SERAHKAN BERKAS - Ketua KPU Kota Pekalongan menyerahkan berkas surat keputusan penetapan wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam Pilkada Kota Pekalongan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih, Aaf-Salahudin.

KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan resmi menetapkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota A Afzan Arslan Djunaid-Salahudin sebagai wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam Pilkada Kota Pekalongan tahun 2020. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno di Aula KPU, Kamis (21/1/2021).

Ketua KPU, Rahmi Rosyada Thoha mengatakan bahwa Aaf-Salahudin yang merupakan pasangan nomor urut 1 memperoleh suara sebesar 94.917 atau 55,2 persen dalam Pilkada Kota Pekalongan. Sehingga melalui Keputusan KPU Kota Pekalongan Nomor 9/PL.02.7-Kpt/3375/KPU-Kot/I/2021 tentang penetapan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih dalam Pilkada Kota Pekalongan Tahun 2020 menetapkan pasangan Aaf-Salahudin sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

Menurut Rahmi, agenda kali ini merupakan puncak tahapan pelaksanaan Pilkada Kota Pekalongan. Mekanisme selanjutnya, KPU akan menyerahkan hasil penetapan kepada DPRD Kota pekalongan untuk kemudian dapat dilakukan rapat paripurna dan mengusulkan pelantikan kepada Mendagri melalui Gubernur Jawa Tengah. “Kalau sesuai jadwal seperti lima tahun yang lalu, pelantikan dilakukan pada pertengahan Februari,” tandasnya.

Sementara itu, ditemui usai kegiatan Wali Kota terpilih A Afzan Arslan Djunaid berharap agar pelantikan bisa segera dilakukan setelah Akhir Masa Jabatan (AMJ) selesai. Menurut Aaf, sapaan akrab Afzan, banyak pekerjaan rumah yang menunggu untuk segera diselesaikan.

“Masa bakti Pak Saelany dan saya itu berakhir 17 Februari. Semoga setelah itu pelantikan dapat segera dilakukan. Karena kami ingin langsung bekerja, masih banyak masalah yang harus diselesaikan di Kota Pekalongan,” tutur Aaf yang ditemui usai rapat pleno penetapan pasangan wali kota dan wakil wali kota terpilih oleh KPU, Kamis (21/1/2021).