Penetapan Calon Terpilih, Ratusan Personil Gabungan Diterjunkan

by

*Kendaraan Barakuda Disiagakan

KAJEN – Untuk mengamankan Rapat Pleno Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan terpilih, ratusan Personil Gabungan diterjunkan di area KPUD Kabupaten Pekalongan, Kamis (21/01/2021). Adapun personil gabungan ditempatkan di sejumlah titik baik dalam atau luar KPUD.

Personil gabungan terdiri dari anggota Polres Pekalongan, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan. Selain itu juga dibackup oleh Sat Brimob Polda Jateng dengan menerjunkan mobil barakuda.

Sementara dalam rapat pleno penetapan calon terpilih di KPUD Kabupaten Pekalongan juga tetap mengedepankan protokoler kesehatan. Yakni dengan melakukan pembatasan tamu undangan, wajib mengenakan masker, cuci tangan dan jaga jarak karena saat ini masih dalam pandemi COVID-19.

Kapolres Pekalongan AKBP Darno kepada awak media menegaskan dalam pengamanan rapat pleno penetapan calon terpilih Pemilihan Bupati / Wakil Bupati Pekalongan periode 2021- 2024 ada ratusan personil yang dikerahkan. Personil gabungan selain dari Polres Pekalongan juga dari TNI, Sat Brimob, Satpol PP dan Dishub.

“Kurang lebih ada 300 personel terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Pekalongan yang tersebar dibeberapa titik. Ini dilakukan untuk mengantisipasi konvoi atau arak-arakan yang dilakukan oleh massa pendukung paslon terpilih, “katanya.

Personil lanjut dia, ada yang standby di dalam Kantor KPUD, halaman dan depan kantor. Bahkan adapula yang sengaja melakukan patroli. Pengamanan terdebut supaya situasi Kabupaten Pekalongan hingga pelantikan Paslon terpilih nantinya dapat terus berjalan kondusif.

“Kami berharapkan suasana kondusif dapat terus dijaga oleh masyarakat,”lanjutnya.

Ditambahkan bahwa meski pesta demokrasi telah usai, kerumunan massa tidak dibenarkan mengingat saat ini tengah menghadapi pandemi. Pasalnya, kegiatan yang dapat memicu terjadinya kerumunan dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19.

Melihat kondisi tersebut, pihak kepolisian yang melaksanakan pengamanan akan terus mengingatkan kepada semua orang untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami terus lakukan pendekatan untuk terus mengingatkan kepada masyarakat, agar tetap mematuhi protokol kesehatan, demi mencegah penyebaran Covid-19,”ujar Kapolres Pekalongan AKBP Darno. (yon)