Belajar Via Radio, Siswa Tak Kalah Aktif

by
SIARAN - Salah satu pemateri saat menyampaikan materi di program Belajar Via Radio.

BATANG – Pembelajaran via radio kembali digalakkan Diskominfo dan Disdikbud Batang semester genap kali ini. Pembelajaran ini diharapkan dapat meringankan pembelajaran jarak jauh para peserta didik lantaran lebih hemat kuota. Salah satu narasumber kegiatan, Dinok Sudiami juga menganggap pembelajaran via radio ini bisa mengajak pelajar untuk bisa kritis dan kreatif.

Hal ini disampaikannya usai menjadi narasumber belajar via radio di Radio Abirawa FM, Rabu (20/1/2021). Dalam kesempatan ini, ia membawakan materi pelajaran ekonomi. Dinok turut didampingi guru SMPN 2 Subah, Agus Susila.

“Siaran pendidikan adalah salah satu langkah pembelajaran abad 21 di mana siswa dilatih untuk berpikir kritis dan kreatif. Apalagi kalau siaran pendidikan ini tidak hanya didominasi guru saja, namun ada kolaborasi antara guru dengan siswa,” ungkapnya.

Menurut Dinok, siaran di radio ini juga mendapat respon positif dari para siswa. Terbukti selama pembelajaran banyak siswa yang ikut serta bergabung dalam sesi tanya jawab. Siswa yang aktif pun mendapatkan hadiah kuota untuk meningkatkan semangat belajar.

“Kurang lebih satu setengah jam penyampaian materi yang dilanjutkan dengan tanya jawab interaktif melalui WA dari siswa yang ikut mendengarkan. Siswa ternyata antusias untuk mendengarkan materi dari program siaran pendidikan ini. Terbukti ada beberapa pertanyaan yang masuk dari siswa dan jawaban yang disampaikan melalui WA Abirawa atas pertanyaan dari pemateri tadi. Selamat untuk ananda Mufakir dari SMPN 2 Subah, Janathan dan Nawaf dari SMPN 1 Batang dan Andri Kusuma dari SMPN 5 Batang yang mendapatkan hadiah bantuan kuota belajar,” pungkasnya.

Ada atau tidak ada pandemi, Dinok berharap program ini agar terus mengudara. Bila perlu ke depannya pelajar Batang bisa turut berpartisipasi untuk belajar terkait dunia penyiaran. Pihaknya pun juga mendukung jika nantinya digelar kegiatan Abirawa Goes to School untuk tingkatan pelajar SMP. (nov)