Banjir, Sekolah Harapkan Bantuan

by
TUNJUKKAN - Salah satu guru saat menunjukkan sisa-sisa genangan banjir di salah satu ruang kelas.

BATANG – Hujan deras yang terjadi awal pekan lalu menyebabkan banjir dan genangan air di sejumlah titik di Batang. Salah satunya seperti yang terjadi di SMPN 9 Batang. Hampir 90 persen ruangan yang ada tergenang air banjir setinggi sekitar 25 cm.

Pihak sekolah pun merasa kesulitan dalam membersihkan sisa-sisa genangan air di sekolah. Selain itu pihak sekolah juga berharap adanya bantuan air bersih untuk membantu membersihkan sekolah.

“Kebetulan saya baru dua hari menjabat sebagai kepala sekolah di sini. Dan disambut dengan hujan deras dan banjir. Kalau menurut rekan-rekan memang sekolah ini sudah menjadi langganan banjir. Bahkan tahun sebelumnya banjir sempat merendam buku-buku di Perpustakaan. Untuk Sekarang tidak terlalu tinggi, hanya saja kami masih kesulitan untuk membersihkan sekolah,” ujar Kepala SMPN 9 Batang, Muh Jamian saat diwawancarai, Selasa (19/01/2021).

Pihaknya pun sudah melaporkan ke pihak Disdikbud Batang dan pihak terkait solusi untuk permasalahan ini. Sementara ini belum ada potensi kerugian dan sejauh ini barang-barang di sekolah masih bisa diselamatkan.

Pihak Disdikbud Batang sendiri juga ke depannya menyarankan, jika adanya bantuan rehab bangunan maka diperlukan peninggian bangunan. Sehingga ke depan bisa meminimalisir banjir jika terjadi hujan deras.

“Sejauh ini karena banjirnya tidak separah tahun lalu maka barang-barang masih bisa diselamatkan. Untuk lab komputer juga masih aman. Semoga ke depan curah hujannya tidak terlalu tinggi, sehingga kami bisa melaksanakan pembersihan total agar tidak terjadi kerusakan dari sisa genangan air ini,” pungkasnya. (nov)