Dengan Literasi, Saatnya Melampaui Pandemi

by

*Disperpuska Gelar Lomba Menulis Puisi-Esai Tingkat Jateng

BATANG – Pandemi Covid-19 boleh saja membatasi banyak aktivitas sehari-hari, tetapi tidak dengan literasi. Mengusung semangat “Literasi Melampaui Pandemi”, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Kabupaten Batang karenanya menggelar ajang lomba menulis puisi dan esai tingkat Jawa Tengah.

Melalui lomba tersebut, Disperpuska ingin agar semangat literasi tetap menyala di tengah pandemi yang serba membatasi. Sebab sebagai produk pikir/imajinasi, menulis adalah ekspresi kemerdekaan manusia. Bupati Batang, Wihaji, pun mengapresiasi kreativitas Disperpuska Batang yang mampu menyiasati situasi pandemi untuk menghadirkan sebuah kompetisi yang memanfaatkan ruang virtual.

“Ini salah satu cara kita membuka ruang kreatif dan inovatif, tetap berekspresi di tengah pandemi yang masih membayangi Jawa Tengah dan Kabupaten Batang. Ini juga sebagai bukti bahwa imajinasi kreatif kita ini tak bisa dibatasi, mampu melampaui pandemi,” ungkap Wihaji, Selasa (19/1/2021), di ruang kerjanya.

“Tetap semangat, jaga terus kesehatan warga Kabupaten Batang dan seluruh Jawa Tengah, salam literasi terus kreatif serta inovatif,” pesan Bupati.

Sementara itu, Kepala Disperpuska Batang, Rahmat Nurul Fadilah melalui Sekretaris Disperpuska, M Saefuddin Zuhri menyampaikan, lomba ini menjadi salah satu media mengekspresikan perasaan tentang pandemi. Di tengah pandemi yang masih meninggi, acara ini juga tetap aman karena tak perlu datang ke tempat lomba.