Terapkan Prokes, Tempat Tidur Pengungsi Akan Diatur Berjarak

by
TINJAU - Wakil Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid bersama Fokompimda saat meninjau salah satu lokasi pengungsian banjir di Gedung Serbaguna eks Kelurahan Sampangan, Selasa (19/1/2021).

KOTA – Wakil Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid beserta jajaran pejabat Pemkot Pekalongan didampingi Forkopimda, meninjau sejumlah lokasi pengungsian akibat bencana banjir, Selasa (19/1/2021).

Selain meninjau lokasi dan mendengarkan masukan dari masyarakat, dalam kesempatan tersebut Aaf, sapaan akrab wakil wali kota, juga mengingatkan agar warga yang mengungsi tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sehingga tidak terjadi penularan Covid-19 dari klaster pengungsian.

Menruutnya, dalam tinjauan tersebut masih banyak pengungsi yang kedapatan tak menggunakan masker dan berdesakan. Sehingga dalam kesempatan itu, Pemkot Pekalongan sekaligus membagikan masker kepada para pengungsi. Selanjutnya, dikatakan Aaf Pemkot juga akan mengatur posisi tempat tidur pengungsi agar memenuhi aturan menjaga jarak.

“Pengungsian di tengah pandemi tetap kami imbau untuk mematuhi protokol kesehatan, sehingga tinjauan hari ini kami sekaligus memonitoring skema pengungsian agar sesuai prokes dan yang belum memakai masker juga kami bagikan masker untuk dipakai serta mengatur jarak tempat tidur warga yang mengungsi di pengungsian,” tutur Aaf.

Sementara itu, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Irwan Susanto menambahkan, dalam musibah banjir saat ini jajaran Kepolisian dibantu TNI dan Satbrimob akan fokus melakukan pengamanan pada dua hal. “Yaitu pengawasan protokol kesehatan dan pengawasan di lokasi terdampak banjir untuk menghindari adanya tindak pidana,” katanya.(nul)