Bencana Kepung Kota Santri

by
EVAKUASI POHON TUMBANG - Petugas gabungan saat mengevakuasi pohon tumbang di Gejlik, Kota Kajen.

Hingga kemarin, lanjut dia, belum ada korban banjir yang mengungsi. Meski demikian, titik-titik pengungsian sudah dipersiapkan jika terjadi kejadian luar biasa.

“Sampai saat ini Alhamdulillah tidak ada yang mengungsi tapi kami sudah instruksikan kepada seluruh kepala desa agar melakukan piket bencana, dan juga melaporkan secara cepat ke kami bila ada kejadian yang luar biasa. Sampai sekarang belum ada yang mengungsi tapi warga kami minta untuk selalu siaga dan waspada,” ujar Camat Tirto.

Disebutkan, ketinggian air di jalan sekitar 10 cm-40 cm. Di pemukiman ketinggian air 10 cm-30 cm. “Tidak ada tanggul yang jebol. Air melimpas karena debit sungai besar,” katanya.

Ia menginstruksikan kepada warga melalui kepala desa agar tetap waspada dan siaga. Pasalnya, intensitas hujan dalam beberapa hari ke depan menurut prediksi juga akan tinggi, sehingga perlu kewaspadaan dari semua masyarakat.

“Masing-masing desa sudah menyiapkan titik pengungsian di titik yang paling aman seperti di masjid dan rumah warga yang tinggi. Kalau balai desa tidak mungkin di wilayah utara karena terendam,” ujar dia.

Pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan beberapa unsur yang ada di Tirto seperti Dupantek, Sukun, dan lainnya. Jika terjadi kejadian luar biasa, lokasi tersebut sudah siap dijadikan tempat pengungsian.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak terkait, dengan BPBD Kabupaten Pekalongan dan DPU Taru. Kami juga sudah melaporkan ke pimpinan terkait kondisi banjir di wilayah kami. Beliau sudah mengambil langkah strategis untuk penanganannya,” imbuh dia.