Hujan Deras Sebabkan Pohon Tumbang dan Jembatan Ambrol

by
Bupati Wihaji mengecek jembatan penghubung antar dusun yang ambrol.

BATANG – Hujan deras yang mengguyur hampir merata di wilayah Kabupaten Batang sejak Senin hingga Selasa (18-19/01/2021) tidak hanya menyebabkan banjir disejumlah wilayah. Namun juga telah mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, termasuk satu jembatan ambrol.

“Berdasarkan data yang dihimpun pihak BPBD, untuk banjir terjadi di wilayah Kecamatan Batang, hingga menyebabkan sejumlah warga memgungsi. Dan semoga cepat surut,” ujar Bupati Batang, Wihaji disela-sela peninjauan lokasi banjir di Kelurahan Karangasem Utara, Selasa (19/01/2020).

Bupati Wihaji menjelaskan, pihak Pemkab sendiri langsung bertindak cepat dengan menerjunkan tim dari BPBD, PMI dan juga relawan untuk membantu warga. Selain itu, juga menyalurkan bantuan untuk warga yang membutuhkan.

Ketua Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi menambahkan, untuk peristiwa pohon tumbang terjadi di Desa Sentul Kecamatan Gringsing, Desa Timbang Kecamatan Banyuputih, Desa Adinuso Reban dan Desa Wonokerto Kecamatan Bandar.

“Satu rumah roboh terjadi di desa Wonomerto Bandar, karena tertimpa pohon pete. Saat ini masih direspon oleh posko relawan kecamatan,” ujar Ulul Azmi.

Tidak hanya itu, hujan deras juga mengakibatkan putusnya jembatan penghubung antar Desa Wonodadi – Pesalakan Kecamatan Bandar. Jalur tersebut merupakan jalan utama untuk mempersingkat jarak tempuh menuju ibukota kecamatan Bandar.

“Jembatan putus sudah di tangani oleh DPU PR , saat ini lagi dia asesment untuk penanganan. Tadi pak Bupati juga suda berkoordinasi dengan pihak perhutani,” tandas Ulul Azmi. (don)