Pesona Silurah Bisa Memantik Aktivitas Pariwisata

by
Wahyu Budi Santoso, Kepala Disparpora Batang

*Replika Patung Ganesha Hingga Taman Syailendra Bakal Dibangun

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang bakal fokus menggarap sektor pariwisata dari sisi keunggulan cagar budaya [heritage] dan budaya asli daerah pada tahun ini. Hal itu diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung di daerah ini.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso mengungkapkan, bahwa Batang mempunyai segudang peninggalan situs budaya yang dapat dijadikan sebagai daya tarik bagi wisatawan.

Dicontohkannya seperti situs Sojomerto di Kecamatan Reban, situs Balekambang di Kecamatan Gringsing, situs Batu Gajah atau Ganesha di Silurah, Kecamatan Wonotunggal dan masih banyak lagi lainnya.

“Tahun ini kami akan kembangkan wisata budaya yang ada di Silurah. Akan ada pembangunan fisik di sana, berupa pembuatan replika patung Ganesha, yang nantinya akan menjadi ikon budaya,” ujar Wahyu, kemarin.

Ia mengatakan, Desa Silurah akan menjadi daerah tujuan wisata dengan daya tarik “wisata edukasi sejarah”. Sebab selain akan dibangun patung raksasa Ganesha, Pemkab Batang juga akan melengkapinya dengan membangun informasi tentang budaya yang akan terpusat di Silurah.

“Informasi terkait budaya dan sejarah akan kita lengkapi di sana. Seperti tentang masa Syailendra, mulai dari prasasti Sojomerto, dan peninggalan peninggalan akan kita lengkapi disana, sehingga akan menjadi daya tarik yang cukup komplit,” tuturnya.