Pekan Depan, EWS Dipasang Di Desa Bodas

by
POHON TUMBANG - Pohon tumbang terjadi di blok Kalijangkar di jalur Karanganyar - Lebakbarang. Masyarakat yang melintasi jalur pegunungan diminta mewaspadai ancaman pohon tumbang dan longsor.

KAJEN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan berencana memasang early warning system (EWS) di Desa Bodas, Kecamatan Kandangserang, pekan depan.

“Insya Allah rencana minggu depan nanti akan kita pasang. Nanti kita akan beritahu teman-teman (wartawan),” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo, kemarin.

EWS rencananya akan dipasang di tiga titik di Desa Bodas. Pasalnya, di desa itu telah terjadi bencana tanah gerak.

“Untuk yang lainnya menggunakan anggaran kegiatan rutin. Kalau ini darurat pakai DTT,” kata dia.

Budi mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan di musim hujan untuk selalu waspada dan hati-hati. Apabila turun hujan untuk menghindari kegiatan di luar rumah.

“Waspada juga pohon tumbang karena beberapa kali terjadi. Apabila warga berpergian untuk waspada pohon tumbang,” pesan dia.

Untuk masyarakat di wilayah pegunungan, lanjut dia, di musim penghujan ini untuk waspada. Apalagi kalau curah hujan deras turun lebih dari satu jam, diminta untuk lebih mewaspadainya.