Alhamdulillah, Harga Cabai Berangsur Turun

by
TURUN HARGA - Salah seorang pedagang cabai di Pasar Batang, Solichati, tengah menata dagangannya, Rabu (13/1/2021).

BATANG – Harga cabai rawit merah di Pasar Batang berangsur turun ke harga Rp 75 ribu per kilogram setelah sebelumnya sempat tembus Rp 80 ribu per kilogram.

Penurunan harga juga dialami cabai merah teropong, dari semula naik mencapai Rp 40 ribu per kilogram, kini turun di angka Rp 30 ribu per kilogram.

“Untuk cabai rawit merah dan cabai merah teropong kini mengalami penurunan harga. Namun, untuk harga cabai jenis yang lainnya masih tinggi,” ujar salah satu pedagang cabai di Pasar Batang, Solichati, Rabu (13/1/2021).

Adapun, untuk kenaikan harga cabai merah keriting dan cabai merah rawit hijau sampai saat ini masih tetap bertahan. “Jenis cabai merah keriting masih mengalami kenaikan harga tinggi, yakni Rp 80 per kilogram dari semula Rp 60 ribu per kilogram. Sedang untuk cabai merah rawit hijau saat ini Rp 55 ribu per kilogram dari harga normal Rp 30 ribu per kilogram,” katanya.

Kenaikan harga yang cukup signifikan tersebut diakuinya membuat banyak konsumen enggan untuk membeli salah satu bahan bumbu masakan yang memiliki rasa pedas tersebut. “Kemarin banyak cabai yang membusuk, karena jarang ada yang membeli, jadi kita merugi,” jelasnya.

Ia berharap, pekan depan harga semua jenis cabai mulai kembali normal. “Untuk minggu ini alhamdulillah mulai mengalami penurunan harga, karena tadi pagi saya membeli cabai langsung di petani,” ungkap Solichati.

Sebelumnya, sejumlah pedagang Pasar Batang dibuat resah akan kian mahalnya harga cabai. Kenaikan harga yang tinggi membuat banyak pembeli protes dan batal untuk membeli. “Ya mau bagaimana lagi, memang harga sudah mahal jadi banyak pembeli yang protes akhirnya tidak jadi beli,” tutur Janah, pedagang di Pasar Batang. (fel)