Wabup Ingatkan, Jangan Ada Pungli

by
MENGGELAR - Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kendal menggelar Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021 dan pengambilan sumpah jabatan kepada panitia penyelenggara.

*Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021

KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal mendukung penuh program PTSL tahun 2021 di wilayah Kabupaten Kendal. Karena jika program tersebut sukses, maka akan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat, sebab sertifikasi memberikan kekuatan hukum atas hak milik tanah, tentunya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, karena tanahnya bisa mereka jadikan tempat usaha, dan lain sebagainya.

“Selain itu berdampak pula pada peningkatan pendapatan asli daerah,” kata Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur saat menjadi nara sumber Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021 dan pengambilan sumpah jabatan kepada panitia penyelenggara, di RM Aldila, kemarin.

Nara sumber lainnya, Kasat Reskrim Polres Kendal, Dandim Kendal, Kepala Kejaksaan Negeri Kendal, Kepala Bakeuda Kendal, dan Kepala Kesbangpol Kendal. Acara itu diikuti oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa di Kabupaten Kendal.

Masrur mengucapkan terima kasih atas perhatian dan komitmen BPN dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Kendal, dengan menggulirkan serangkaian program pro rakyat, salah satunya adalah program PTSL bagi masyarakat Kabupaten Kendal. Menurutnya, melalui program ini, presiden telah menginginkan kepada masyarakat tidak ada lagi permasalahan sengketa tanah. Justru tanah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan perlindungan hukum yang menjadikan masyarakat merasa aman, nyaman, dan tenang, serta memiliki tanda bukti kepemilikan tanah.

“Pengurusan program PTSL ini gratis apabila berkas pengajuan sudah lengkap dan tinggal diajukan saja ke Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal. Program ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas sehingga yang dahulunya berpikir bahwa kepengurusan tanah rumit dan mahal dapat dihilangkan,” ungkapnya.