Vaksin Covid-19 Disimpan di Dua Freezer Kapasitas Besar

by
SIAPKAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal telah mempersiapkan tempat untuk melakukan penyimpanan vaksin Covid-19. Tempat khusus itu adalah cold room vaksin berukuran 4 x 4 meter.

KENDAL – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal telah mempersiapkan tempat untuk melakukan penyimpanan vaksin Covid-19. Tempat khusus itu adalah cold room vaksin berukuran 4 x 4 meter, berada di belakang kantor UPTD Instalasi Perbekalan Farmasi, di Jalan Kiai Gembyang 25 Kendal. Untuk vaksin virus corona itu sendiri akan disimpan pada dua feezer atau lemari pendingin berkapasitas cukup besar yang berada di ruang tersebut.

“Vaksin Covid-19 nanti akan disimpan di dua freezer atau lemari es berwarna biru ini. Selain itu, ruangan cold room ini juga untuk menyipan vaksin-baksin lainnya. Semua peralatan penyimpanan vaksin sudah dipersiapkan. Namun masih menunggu arahan Dinkes Provinsi Jawa Tengah,” kata petugas penjaga cold room, Abadi, Selasa (12/1/2021).

Abadi mengungkapkan, dalam ruangan penyimpanan cold room, ada beberapa jenis vaksin yang ditempatkan dalam pendingin yang berbeda tempat dan suhunya. Seperti vaksin rutin imunisasi untuk balita, seperti Hepatitis B, BCG, DPT-HB-HiB, Campak dan Polio. Hal ini dilakukan untuk menjaga serta menjamin kualitas vaksin yang akan diberikan kepada sasaran.

“Freeze atau lemari esnya ada lima lebih. Penyimpanan vaksin, dengan pengaturan suhu yang berbeda. Untuk suhu penyimpanan vaksin polio suhunya minus 15 derajat cekcius sampai minus 25 derajat celcius. Sedangkan untuk vaksin lainnya, rata-rata 2 deerajat cekcius sampai 8 derajat cekcius,” ungkapnya.

Abadi menyatakan idakk mengatahui pasti berapa kapasitas penampungan untuk vaksin Covid-19 pada dua freezer atau lemari es tersebut. Karena belum mengaetahi ukuran dan bentuk vaksin yang akan dikirimkan nantinya. Yang jelas sudah disediakan dua kulkas untuk vaksin Covid-19, dengan suhu 2 sampai 8 derajat celcius.