Tekan Penyebaran Covid-19, Kurangi Aktivitas di Luar Rumah!

by
Totok Budi M

KAJEN – Meskipun Pemkab Pekalongan tak memberlakukan PSBB, namun masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah selama pembatasan diberlakukan di sejumlah daerah di Jateng dari tanggal 11-25 Januari 2021.

Asisten Pemerintahan Setda Totok Budi Mulyanto, Selasa (12/1/2021), mengatakan, guna menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19, Pemkab Pekalongan mengeluarkan Surat Edaran Bupati Pekalongan Nomor 440/0082 tentang Peningkatan Kegiatan Pengendalian Penyebaran Covid-19 Di Kabupaten Pekalongan. SE ini untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pekalongan dimana pertambahan kasusnya kian meningkat.

Disebutkan, wilayah di Jateng yang melakukan pembatasan kegiatan mulai tanggal 11-25 Januari 2021 adalah Semarang raya, Banyumas raya, Solo raya, Kota Magelang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Brebes. Kabupaten Pekalongan tidak termasuk di dalamnya.

“Meskipun demikian, dalam surat edaran ini masyarakat Kabupaten Pekalongan diminta agar mengurangi aktivitas di luar rumah selama pembatasan tersebut diberlakukan,” ujar Totok.

Dikatakan, pemkab akan melakukan penguatan pengendalian penyebaran Covid-19. Upayanya melalui operasi yustisi oleh tim gabungan dari Satpol PP, TNI, Polri, dan instansi terkait (Dinhub, Dinkes, Dinporapar, Disperindagkop UKM, DPTSP Nakertrans, dan lainnya), dan penyemprotan disinfektan secara berkala di tempat umum, lingkungan kantor, tempat ibadah, dan pondok pesantren.