Pandemi, Realisasi Perekaman KTP-el Tembus 100 Persen

by
GUNAKAN APD - Petugas menggunakan APD lengkap melayani warga melakukan perekaman e-KTP

BATANG – Di tengah pandemi Covid-19, Disdukcapil Batang tetap melaksanakan layanan kependudukan, baik di kantor Disdukcapil, ataupun melalui petugas register di Kecamatan maupun Desa. Meski pelayanan dibatasi dengan penggunaan protokol kesehatan, Disdukcapil Batang mampu mencapai target perekaman KTP-el, bahkan tembus mencapai 100,35 persen.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Disdukcapil Batang, Abdul Rahman saat diwawancarai pada Selasa (12/1/2021). Dijelaskan, target perekaman secara nasional yang ditetapkan pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2020 untuk di Kabupaten Batang itu sudah terlampaui.

“Alhamdulillah, dari target yang ditetapkan pusat kami sudah berada di angka 100 persen lebih. Pelayanan tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan, petugas kami juga dilengkapi dengan APD sehingga perekaman e-KTP tetap berjalan seperti biasa,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan pelayanan online maupun offline dengan memberikan inovasi tatap muka secara virtual. Disdukcapil menyediakan pula Mesin Cetak Mandiri, di mana masyarakat juga bisa mencetak dokumen kependudukan secara mandiri tanpa adanya interaksi langsung dengan petugas.

“Capaian target itu juga tak lain atas berbagai inovasi yang kami terapkan di tengah pandemi ini, seperti CS Digital yang sangat membantu dalam melayani pemohon,” pungkasnya. (din)