Dinkes Kota Santri Siapkan 31 Faskes untuk Vaksinasi Covid-19

by
Setiawan Dwiantoro

KAJEN – Sebanyak 27 Puskesmas, tiga rumah sakit, dan satu klinik Polri ditunjuk sebagai fasilitas kesehatan (Faskes) untuk vaksinasi Covid-19. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, Selasa (12/1/2021).

“Faskes untuk vaksinasi sudah kita siapkan. Ada 31 faskes. Yakni, 27 Puskesmas, tiga rumah sakit, dan satu klinik Polri di Polres Pekalongan,” terang Wawan.

Dikatakan, pihaknya kemarin mengirim tim ke Semarang untuk mengambil alat-alat dan vaksin. “Hari ini saya mengutus tim ke Semarang untuk mengambil alat-alat dan vaksinnya. Apabila hari ini bisa, maka hari ini bisa datang,” kata dia.

Menurutnya, untuk tahap pertama alokasi vaksin untuk Kabupaten Pekalongan sebanyak 1.194 dosis. Alokasi vaksin tahap pertama ini diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan. Padahal, di Kota Santri ada 3.393 orang nakes.

“Datangnya kemungkinan nanti bertahap,” katanya.

Wawan menandaskan, vaksin Covid-19 sudah melalui tahap uji coba, uji klinis. “Pemerintah tentunya sudah mempertimbangkan hal-hal yang paling aman untuk upaya menjaga penularan Covid-19.

Salah satunya dengan vaksinasi ini,” ujar dia.

Dengan vaksinasi, lanjut dia, maka muncul imunitas pada tubuh seseorang terhadap virus Covid-19. “Nah ini arahnya ke sana. Jadi untuk keamanan, Insya Allah aman. Dari berbagai negara yang sudah melakukan itu aman,” tandas dia. (had)