Komisi C: Gencarkan Sosialisasi Program Vaksinasi

by
JELASKAN - Komisi C DPRD Kota Pekalongan saat meminta penjelasan terkait mekanisme vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan.

KOTA – Komisi C DPRD Kota pekalongan melakukan tinjauan ke sejumlah puskesmas untuk melihat kesiapan vaksinasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Ada lima puskesmas yang dikunjungi yakni Puskesmas Bendan, Puskesmas Dukuh, Puskesmas Krapyak, Puskesmas Sokorejo dan Puskesmas Pekalongan Selatan.

Dalam tinjauan itu, Komisi C mengecek kesiapan dari berbagai sisi mulai dari petugas, sarpras dan mekanisme yang disiapkan oleh Dinas Kesehatan. “Kami meninjau beberapa puskesmas untuk melihat kesiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kami ingin melihat bagaimana kesiapan secara teknis,” tutur Ketua Komisi C, Makmur S Mustofa yang ditemui usai tinjauan, Selasa (12/1/2021).

Dikatakan Mustofa, pihaknya sudah mendapat penjelasan lengkap bagaimana mekanisme vaksinasi mulai dari tahap awal pendaftaran hingga proses vaksinasi. “Kami melihat petugas sudah siap. Yang paling perlu diperhatikan adalah penjelasan kepada masyarakat. Karena saat ini masih banyak yang seakan enggan nanti kalau mendapatkan undangan vaksinasi,” tambahnya.

Dia juga berharap dan mengajak masyarakat untuk berdoa bersama agar vaksinasi di Kota Pekalongan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, anggota Komisi C, M Bowo Leksono juga turut meruntutkan bagaimana mekanisme pelaksanaan vaksinasi di puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan. Dia juga mempertanyakan apakah ada pemeriksaan Covid-19 bagi warga yang akan divaksin. “Mekanismenya bagaimana. Kemudian kalau misalkan ada orang yang terpapar Covid-19 tapi OTG bagaimana, apakah akan tetap divaksin,” tanyanya.