7.011 Warga Terima Kartu Pra-Kerja selama 2020

by
Heryu Purwanto Kasi Penempatan Kerja Dinperinaker Kota Pekalongan

KOTA – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan mencatat selama tahun 2020 sebanyak 7.011 warga Kota Pekalongan telah menerima program Kartu Pra-Kerja.

Menurut Kepala Seksi Penempatan Kerja, Heryu Purwanto, data tersebut bersumber dari PMO (project management office) pra-kerja mulai gelombang 1 sampai 11.

Dengan melihat data tersebut, menurutnya antusiasme masyarakat di Kota Pekalongan untuk mengikuti program pra-kerja cukup tinggi. “Terlihat dari kuota tiap gelombang yang selalu terisi bahkan melebihi kuota pendaftar,” ungkapnya, kemarin (8/1/2021).

Dijelaskan Heryu, program pra-kerja merupakan program milik Kementerian Koordinator (Menko) Perekonomian RI yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang di-PHK atau dirumahkan, dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

“Kami di daerah bertugas untuk menyosialisasikan kepada masyarakat dan mendampingi apabila terdapat kesulitan baik saat mendaftar maupun mengakses program tersebut,” katanya.

Heryu menambahkan, apakah program pra-kerja ini berlanjut atau tidak, belum ada kepastian. Pihaknya saat ini tengah menunggu keputusan pusat terkait keberlanjutan program pra-kerja di tahun 2021.