Edarkan Ratusan Butir Pil Koplo, Seorang Remaja Ditangkap

by

KOTA – Seorang remaja berinisial AB (19), warga Kelurahan Pasirkratonkramat, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan ditangkap anggota Satuan Reserse Narkoba di rumahnya, baru-baru ini.

AB ditangkap karena diduga sebagai pengedar ratusan butir pil koplo jenis Yarindo serta pil Dextro. Dari tersangka, petugas mengamankan barang bukti berupa 99 butir pil Yarindo, 59 butir pil dextro, uang Rp25 ribu, dan ponsel.

Kasat Narkoba Polres Pekalongan Kota AKP Rohmat Ashari, saat dikonfirmasi pada Senin (11/1/2021), menuturkan tersangka diamankan pada Rabu (6/1/2021) malam di rumah tersangka.

Menurutnya, pengungkapan kasus ini berawal dari informasi yang didapatkan anggotanya dari informan bahwa diduga akan ada transaksi obat-obatan di TKP. Atas dasar informasi tersebut anggota Sat Narkoba melakukan penyelidikan dan ternyata info tersebut valid.

“Selanjutnya anggota kami ke lokasi, memeriksa orang tersebut serta saksi. Dari pemeriksaan dan penggeledahan ternyata benar. Ada barang bukti 59 butir pil dextro dan 99 butir pil Yarindo,” ungkapnya.

Rohmat Ashari menjelaskan bahwa tersangka akan dijerat dengan Pasal 196 juncto Pasal 197 UU RI No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

“Bunyi pasal tersebut yaitu setiap orang yang dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp1,5 miliar,” imbuhnya. (way)