Dinkes Tunjuk 24 Lokasi Vaksinasi

by
RAPAT - Dinkes menggelar rapat persiapan launching Vaksinasi Covid-19 di Ruang Jetayu, Senin (11/1/2020). Hasilnya sebagai OPD teknis, Dinkes menyatakan siap melaksanakan.

KOTA – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan mulai mempersiapkan diri untuk pelaksanaan vaksinasi dalam waktu dekat. Dinkes sudah menentukan lokasi yang akan digunakan untuk vaksinasi yakni 14 puskesmas, dua klinik masing-masing milik TNI dan Polri serta delapan rumah sakit yang ada di Kota Pekalongan.

“Tahun ini vaksinasi Covid-19 dilakukan secara serempak, termasuk di Kota Pekalongan. Beberapa persiapan perlu dilakukan agar pelaksanaan berjalan dengan baik. Kami sudah menunjuk lokasi pelayanan vaksinasi yaitu 14 puskesmas, dua klinik yakni milik TNI dan Polri dan semua rumah sakit di Kota Pekalongan kecuali RS Bhakti Waluyo,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto,” Senin (11/1/2021).

Untuk vaksinasi tahap pertama, dikatakan Budi, akan menyasar tenaga kesehatan. Dari pendataan yang sudah dilakukan, terdapat sekitar 3.590 tenaga kesehatan di Kota Pekalongan yang akan divaksin tahap pertama. Namun menurutnya, jumlah tersebut masih dinamis dan bisa saja bertambah karena validasi masih terus dilakukan.

“Jumlah tenaga kesehatan se Kota Pekalongan ada sekitar 3.590-an. Alhamdulillah sebagian besar sudah terdata semua tapi ini masih dinamis karena bisa bertambah. Ada beberapa yang terlewat belum didata sehingga kami akan undang direktur rumah sakit untuk melakukan validasi kembali data tersebut,” tambahnya.

Sementara untuk jumlah total penduduk Kota Pekalongan yang akan divaksin, Budi menyebutkan ada sekitar 200.000an penduduk usia 18 tahun sampai 59 tahun yang masuk data akan divaksinasi. Tapi dia menegaskan, masih ada seleksi kembali terkait jumlah tersebut karena ada beberapa kriteria orang yang tidak masuk kategori dan harus dikeluarkan dulu dari data.