Pemkab Dukung PSBB Jawa-Bali

by
Asip Kholbihi

KAJEN – Meskipun Kabupaten Pekalongan tidak termasuk daerah yang menerapkan PSBB wilayah Jawa Bali, Pemkab Pekalongan siap mendukung kebijakan pemerintah pusat tersebut. Kebijakan PSBB Jawa-Bali mulai diberlakukan Senin (11/1/2021) hari ini hingga tanggal 25 Januari 2021.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, kemarin, menyatakan, Kabupaten Pekalongan mungkin tidak menerapkan PSBB secara ketat. Jika melihat pernyataan dari gubernur terkait PSBB, lanjut dia, konsentrasinya ada di tiga wilayah, yaitu Semarang raya, Solo raya, dan Banyumas raya.

“Walaupun begitu kita harus waspada. PSBB ini kan harus saling mendukung antar wilayah dan membekap langkah-langkah kabupaten atau kota lain yang menerapkan PSBB,” kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi.

Menurutnya, apa artinya PSBB kalau masyarakat masih berpergian di daerah yang melakukan PSBB.

“Banyak sekali masyarakat Kabupaten Pekalongan yang mobilitasnya intens ke Solo raya, terutama yang memasarkan produk Pekalongan ke pasar-pasar yang ada di Solo raya. Jadi, saya minta harus menghentikan aktivitasnya terlebih dahulu,” ujarnya.

Asip mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Pekalongan juga akan mengimbangi kota dan kabupaten yang menerapkan PSBB. Di antaranya akan menggecarkan operasi yustisi.