Nakes RSUD Suwondo Banyak Terpapar

by
PELAYANAN DIBATASI- IGD dan ruang perawatan penuh serta banyak petugas terpapar Covid-19, maka untuk sementara pelayanan di IGD RSUD dr Suwondo Kendal dibatasi.

**Kamar Penderita Covid-19 Penuh
**Perbantukan Dokter Puskesmas
**Panggil CPNS Tenaga Perawat

KENDAL – Virus Covid-19 di Kabupaten Kendal semakin mengkhawatirkan. Bahkan saat ini banyak tenaga kesehatan (Nakes) yang terpapar Corona. Seperti Nakes di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Suwondo Kendal yang banyak terpapar Corona. Dampaknya, saat ini kamar untuk penderita Covid-19 penuh.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal pun menyiapkan solusi guna mengatasi. Diantaranya memanggil dokter yang ada di puskesmas-puskesmas untuk menggantikan tenagas medis yang terpapar. Selain itu juga mengaktifkan tenaga CPNS bidang perawat yang lolos pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Kabupaten Kendal untuk mulai bertugas di rumah sakit yang dikelola pemkab tersebut. Sementara untuk mengatasi kekurangan kamar pasien, Pemkab Kendal mewacanakan pembuatan bedeng kemah untuk menampung dan sekaligus merawat pasien Covid-19.

Hal itu dibenarkan Sekda Kendal Moh Toha, Jumat (8/1/2021). “Kamar untuk penderita covid-19 penuh, tetapi tenaga medisnya lumpuh banyak yang terkena covid. Sampai kita tempuh, memperbantukan dokter-dikter dari puskesmas. CPNS yang mestinya belum menerima SK, kita panggil langsung untuk mulai bertugas. RSU siap memberikan kompensasi,” katanya.

Toha mengungkapkan, berdasarkan laporan dari rumah sakit bahwa nakes yang terpapar Covid-19 perawat dan dokter. Setidaknya dari klaters rumah sakit tersebut ada sebanyak lebih dari 20 perawat yang tepapar. Untuk dokter yang terpapar belum mendapatkan informasi jumlahnya secara keseluruhan dari pihak rumah sakit.

“Perawat lebih dari 20, dan laporan untuk dokternya 2. Mungkin jelasnya bisa ditanyakan langsung ke direktur rumah sakit. Kalau persoalan dana dan alat tidak masalah. Tapi ini tenagaganya yang kerepotan,” ungkapnya.