Cuaca Ekstrim, Kodim Siapkan Prajurit On Call

by
SIAGA - Kodim 0710 Pekalongan menyiagakan personil 1x24 jam dalam penanganan bencana.

KAJEN – Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Pekalongan belakangan ini berpotensi menimbulkan bencana alam seperti tanah longsor Kecamatan Lebakbarang, Kandangserang, Paninggaran, Petungkriyono. Atas kondisi itu, guna mempercepat penanganan sebelum adanya korban, Kodim 0710 Pekalongan menyiapkan Prajurit On Call.
Hal itu dibenarkan Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan, Kamis (7/1/2021). Ia memerintahkan jajarannya untuk melakukan langkah-langkah antisipasi.

Dandim 0710 Pekalongan Letkol CZi Hamonangan mengatakan, masyarakat harus waspada terhadap cuaca ekstrim apabila terjadi Pekalongan dan sekitarnya. “Kepekaan anggota mengenai tanda-tanda alam harus ditingkatkan. Selain itu juga, melakukan koordinasi dengan pihak terkait serta prioritaskan keselamatan warga yang terkena bencana,” kata Letkol Czi Hamonangan.

Dandim mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan satu pleton prajurit yang on call (siap siaga) apabila bencana alam terjadi.

“Kami tidak mau ada korban jiwa, maka penanganan bencana harus dimaksimalkan. 1×24 jam kita siap, tidak usah sungkan-sungkan karena kita sudah siapkan satu peleton siaga bencana alam. Kami juga perintahkan ke Danramil serta Babinsa untuk selalu sigap membantu setiap kesulitan masyarakat,” ungkapnya.

Dandim juga meminta agar para kepala desa untuk bisa memetakan, daerah yang rawan bencana, sehingga kerugian jiwa maupun material akibat bencana alam terutama tanah longsor bisa di minimalisir. (Yon)