Gagas Penjajagan Simulasi Sekolah Pembelajaran Tatap Muka

by
VISITASI - Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi melakukan visitasi sekolah tingkat pertama yang berdasarkan proposal yang diajukakan menyatakan siap gelar penjajagan simulasi sekolah pembelajaran tatap muka.

KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melalaui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal menggagas penjajagan simulasi pembelajaran tatap muka. Pelaksanaan simulasi ini nantinya untuk menukung pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring yang selama ini sudah berjalan.

“Konsep pembelajarannya bersifat campuran. Misal ada mata pelajaran yang sulit dilakukan dengan berbasis daring bisa dilakukan dengan tatap muka. Untuk mata pelajaran yang memungkinkan dilakukan dengan pembelajaran daring ya tetap dengan daring,” kata Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi,kepada Radar Pekalongan, Kamis (7/1/2021).

Wahyu Yusuf Akhmadi mengungkapkan, prinsip dari simulasi pembelajaran tatap muka ini harus memenuhi unsur aman, hati-hati, bertahap, dan bersifat menyenangan serta mendukung pembelajaran jarak jauh atau daring. Obyek simulasi pembelajaran tatap muka ini adalah satuan pendidikan yang menjadi kewenangan pihaknya, baik PAUD, SD, SMP dan pendidikan non formal.

Simulasi ini diberlakukan hanya pada sekolah yang memenuhi syarat. Sekolah mempersiapkan daftar periksa dan mengajukan proposal yang dilampiri daftar periksa dan diverifikasi oleh pengawas sekolah. Hasil verifikasi pengawas kami cek lagi dalambentuk visitasi, benar tidak sekolah tersebut memenuhi syarat yang ditentukan,” ungkapnya.

Wahyu Yusuf Akhmadi menyatakan, berdasarkan hasil visitasi yang dilakukan, bagi sekolah yang memenuhi syarat melakukan simulasi pembelajaran tatap muka selanjutya akan dipaparkan pihak Disdikbud ke Satgas Covid-19 Kabupaten Kendal.