Sejak Beroperasi, UKK Pekalongan Layani 49 Pemohon Paspor

oleh -
PASPOR - Petugas di UKK Pekalongan sedang memberikan pelayanan pengurusan paspor bagi pemohon.

KOTA – Sejak diresmikan pada 16 November 2020, atau mulai beroperasi sejak 1,5 bulan lalu, sampai 31 Desember 2020 Unit Kantor Keimigrasian (UKK) Pekalongan telah melayani 49 orang pemohon penerbitan paspor.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan, Supriono, menyebutkan dari 49 pemohon tersebut, sebanyak 17 pemohon mengajukan pengurusan untuk paspor baru, sementara 32 lainnya mengurus paspor perpanjangan.

“Dari jumlah 49 pemohon tersebut yang berasal dari Kota Pekalongan saja hanya 17 pemohon. Sisanya merupakan para pendatang luar daerah seperti Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kota Semarang, Demak, Cirebon, hingga Indramayu yang kebetulan sedang berada di Kota Pekalongan untuk mengurus perpanjangan paspor,” bebernya.

Supriono kembali merinci, dari 49 pemohon paspor tersebut, didominasi kepengurusan untuk tujuan wisata sebanyak 45 pemohon, sementara lainnya adalah keperluan ibadah 1 pemohon dan 3 pemohon untuk keperluan bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Menutnya, jumlah 49 permohonan paspor itu menurutnya kecil. Itu disebabkan adanya pandemi Covid-19 yang cukup berdampak pada perekonomian masyarakat dan adanya beberapa negara yang menutup koridor penerbangan (me-lockdown) bagi Warga Negara Asing (WNA) maupun Warga Negara Indonesia (WNI).