Pertama di Jateng, Disdukcapil Luncurkan CS Digital

by
MANFAATKAN - Salah satu pengunjung saat memanfaatkan layanan CS Digital Disdukcapil Batang

*Jadi Alternatif Konsultasi Adminduk Saat Pandemi

BATANG – Pandemi Covid-19 tak menghentikan pelayanan administrasi kependudukan Disdukcapil Kabupaten Batang. Meski begitu, pelayanan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Beberapa inovasi pun dimunculkan Disdukcapil Batang untuk menjaga pelayanan ke masyarakat tetap aman, salah satunya dengan menggunakan layanan Costumer Service (CS) Digital.

Kepala Disdukcapil Batang, M Abdul Rahman menjelaskan, CS Digital adalah pelayanan yang dilakukan di kantor Disdukcapil dengan media tatap muka secara online langsung pada petugas.

“CS Digital ini untuk membantu masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan yaitu berkonsultasi langsung dengan petugas, kami sediakan monitor seperangkatnya, jadi sistemnya seperti video call. Pemohon juga harus bergantian, ada petugas yang mengatur,” tutur Abdul Rahman, Selasa (5/1/2021).

Dia mengatakan, inovasi tersebut merupakan solusi pelayanan yang cukup efisien di masa pandemi ini dan tercatat baru satu-satunya di Jawa Tengah.

“Dari awal pandemi, pelayanan kami tidak pernah tutup ataupun turun, protokol kesehatan diterapkan juga karena harus ada jaga jarak, muncul lah ide CS Digital, pemohon tetap bisa mengobrol langsung dengan petugas kami melalui monitor,” jelasnya.