6.700 Tenaga Medis Siap Terima Vaksin Covid-19 Tahap I

by
dr Budi Mulyono Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal

KENDAL – Tenaga medis mendapatkan prioritas utama sebagai penerima vaksin Covid-19. Untuk Kabupaten Kendal setidakna ada 6.700 tenaga medis lebih yang sudah terdaftar. Sesuai dengan jadwal pemerintah pusat, pemberian vaksin akan dimulai sejak Januari 2021 hingga Maret 2022. Vaksi Covid-19 juga akan diberikan kepada TNI, Polri, dan petugas yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Urutan berikutnya penerima vaksin adalah masyarakat yang rentan, dan masyarakat umum.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal dr Budi Mulyono mengatakan, bahwa pemerintah pusat sudah mendistribusikan vaksin Covid-19 ke 14 provinsi di Indonesia, salah satunya ke Provinsi Jawa Tengah, sehingga diperlukan tempat khusus untuk penyimpanan vaksin tersebut hingga ke tingkat daerah.

“Pemerintah Kabupaten Kendal sudah menyiapkan tempat khusus untuk penyimpanan vaksin Covid-19,” katanya, Selasa (5/1/2021).

Budi Mulyono mengungkapkan, tempat khusus untuk penyimpanan vaksin Covid-19, dibangun didekat gudang obat Dinkes Kendal. “Jadi untuk syarat penyimpanan kita sudah punya,” ungkapnya.

Budi Mulyono menyatakan, untuk vaksinator atau tenaga vaksinya juga sudah siapkan, yaitu sebanyak 30 Puskesmas, seluruh rumah sakit di Kendal, baik rumah sakit negeri maupun swasta, Klinik Polres Kendal, Klinik Harapan Mulya, dan Klinik Ultramedika.
“Semua tertera dalam persyaratannya, harus ada tempat penyimpanan vaksin, dokter, medis, dan para medisnya,” ujarnya.

Menurut Budi Mulyono bagi tenaga kesehatan maupun masyarakat umum yang mendapatkan vaksin akan diberitahu melalui notifikasi SMS blasting dari pemerintah pusat peduli Covid-19. “Kami sudah menyiapkan obat dan alat-alat di setiap fasilitas kesehatan yang melakukan vaksinasi untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan paska imunisasi,” pungkasnya. (lid)