Graduasi PKH Ditargetkan Capai 30%

by
Wildan Zuhad Kasi Asistensi Jaminan Sosial Dinsos P2KB Kota Pekalongan

KOTA PEKALONGAN – Graduasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Pekalongan pada tahun 2021 ini ditargetkan meningkat menjadi 30%. Sebelumnya, di tahun 2020 graduasi KPM PKH Kota Pekalongan mencapai target kota yakni 13.12% dari target awal sebesar 10%.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Asistensi dan Jaminan Sosial Dinsos P2KB, Wildan Zuhad, Senin (4/1/2021). “Kita targetkan graduasi KPM PKH meningkat jadi 30%,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk memenuhi target tersebut pihaknya akan menyiapkan sejumlah strategi salah satunya akan bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) maupun OPD terkait untuk melakukan pelatihan. Pihaknya juga akan melakukan pendekatan dengan KPM.

“KPM yang memiliki minat keterampilan tertentu akan kami arahkan untuk mengikuti pelatihan di BLK,” tuturnya.

Wildan menambahkan, dengan ditingkatkannya target graduasi tersebut, para pendamping KPM diharapkan bekerja ekstra untuk dapat mendorong dan memotivasi KPM PKH agar bisa mandiri.

“Para pendamping perlu kerja keras, tiap pendamping mendampingi sekitar 250 KPM. Kami juga berharap para pendamping dapat membuat dan melaporkan jadwal pendampingan di awal bulan sehingga memudahkan kami untuk melakukan monitoring dan evaluasi,” kata Wildan.

Lebih lanjut ditambahkan Wildan bahwa pihaknya juga akan mendorong KPM PKH untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini seperti berjualan secara online.

“Banyak KPM PKH yang usianya masih produktif, sehingga kami dorong untuk dapat berjualan atau berbisnis online. Sehingga harapannya juga bisa memberdayakan usahanya untuk masyarakat sekitar,” imbuh Wildan. (way)