Guru Ditantang Buat PJJ Kreatif dan Menyenangkan

by
HOMESCHOOLING - Kegiatan homeschooling di salah satu TK di Batang.

BATANG – Kasus Covid-19 yang masih tinggi membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang kembali menunda pembelajaran tatap muka. Dengan kebijakan ini, secara otomatis pembelajaran jarak jauh (PJJ) ataupun pembelajaran online kembali diberlakukan. Terkait hal tersebut, IGTKI Batang mengaku siap menerapkan kebijakan ini di semester kedua tahun ajaran 2020-2021.

Lebih lanjut, Ketua IGTKI Batang, Ifan Prasetiyo menjelaskan, para pendidik sudah terbiasa menggunakan pembelajaran dengan adaptasi kebiasaan baru. Meski begitu tetap perlu adanya inovasi dari pendidik untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih kreatif agar anak tidak bosan dengan pembelajaran homeschooling.

“Home schooling juga pasti akan banyak inovasi sehingga anak-anak merasa aman nyaman dan senang. Pembelajaran nantinya dibuat semirip mungkin, seolah-olah seperti kegiatan belajar mengajar di TK,” jelasnya.

Menurut Ifan, di tengah situasi seperti ini para guru sudah mulai beradaptasi untuk menghadirkan metode dan cara yang lebih maksimal. Selain itu, di semester sebelumnya sudah banyak kegiatan pengembangan kompetensi bagi guru untuk bertahan di tengah pandemi. Untuk itu, di semester ini guru diharap mampu mengaplikasikan kompetensi baru tersebut di semester genap ini.

“Di semester lalu mereka sudah beradaptasi. Dari mulai pendidik, anak-anak dan juga orang tua. Harapannya di semester ini mereka sudah terbiasa. Meski ada rasa bosan bagaimana caranya agar pembelajaran tetap menyenangkan dan efektif bagi anak. Tentunya jangan berhenti berinovasi agar pembelajaran lebih maksimal,” pungkasnya. (nov)