Pembelajaran Tatap Muka Ditunda

oleh -
HADIRI - Kepala Disdikbud Kendal Wahyu Yusuf Akhmadi hadiri Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

KENDAL – Rencana pembelajaran tatap muka muka di semester dua tahun 2020-2021 yang akan dimulai pada Senin (4/1/2021) ditunda. Penundaan itu merujuk pada surat dari Gubernur Jawa Tengah yang isinya meminta melakukan penudaan pembelajaran tatap muka di sekolah di tengah pandmi Covid-19.

Kepala Disdikbud Kendal Wahyu Yusuf Akhadi mengatakan, pihaknya menindaklanjuti dengan membuat surat edaran ke sekolah-sekolah terkait penundaan penbelajaran tatap muka. Kendati demikian, pihaknya tetap meminta sekolah-sekolah untuk mempersiapkan sarana dan prasarananya.

“Persiapan ini bukan untuk pembelajaran sekolah. Tetapi persiapan sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan. Misalnya wastafel harus disiapkan berapa, thermogun harus berapa, ada masker berapa dan cadangannya. Kemudian ada SOP Covid-19 dan satuan Covid sekolah,” katanya, kemarin usai Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Aula Gedung PGRI Kabupaten Kendal.

Wahyu mengungkapkan, kebijakan pembelajaran tatap muka disekolahn berdasar SKB empat Menteri, salah satu poinnya kebijakan terkait pembelajaran tatap muka diserahkan kepada pemerintah daerah. Jika sebelumnya yang diperbolehkan hanya zona hijau dan kuning.

“Sekarang semua zona itu bisa, yakni diserahkan kepada pemerintah daerah, komite sekolah, dan orang tua wali murid, serta pihak sekolah,” ungkapnya.