7.634 Pelanggar Prokes Ditindak

by
PEMBINAAN - Petugas dari Satpol PP saat memberikan pembinaan kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

Satgas Covid-19 bersama tim gabungan, terus melaksanakan penegakan protokol kesehatan melalui operasi yustisi. Dari data selama tiga bulan terakhir, tercatat sudah ada 7.634 pelanggaran prokes yang sudah ditindak.

Kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso mengungkapkan bahwa selama tiga bulan digelarnya giat operasi yustisi yang secara rutin dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 Kota Pekalongan terdapat 7.634 pelanggar prokes yang sudah ditindak. Dari jumlah itu, mayoritas dari pelanggar prokes ditindak karena tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Mereka juga langsung diberi sanksi beragam mulai dari sanksi sosial seperti membersihkan fasilitas-fasilitas umum, baris berbaris, menyanyikan lagu kebangsaan, hingga sanksi fisik seperti push up dan berbagai sanksi sosial lainnya.

“Pandemi covid-19 yang berkepanjangan ini membuat masyarakat merasa jenuh dan lama kelamaan abai terhadap protokol kesehatan. Setiap harinya kami masih rutin menggelar operasi yustisi keliling menyusuri beberapa wilayah Kota Pekalongan bersama TNI,POLRI untuk melihat sejauh mana kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker,” tutur Sri Budi.

Ditegaskannya, operasi yustisi akan terus dilakukan sebagai bentuk upaya kewaspadaan dan memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa virus Covid-19 ini masih ada bahkan cenderung meningkat sehingga perlu partisipasi semua pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.