Tolong, Sesama UMKM Jangan Saling Sikut

by
DISKUSI - Salah satu pelaku UMKM tengah berdiskusi santai tentang pertumbuhan usaha kecil di Batang bersama Kepala Disperindagkop dan UMKM Batang, Subiyanto.

BATANG – Kepala Disperindagkop Batang, Subiyanto mengapresiasi pertumbuhan UMKM di Batang yang meningkat. Dengan semakin banyaknya pelaku usaha kecil lokal itu, dia mengingatkan pentingnya sinergi dan kolaborasi, jangan sampai sesama UMKM justru saling sikut.

“Di masa pandemi ini, meski ada yang terdampak, tapi banyak juga UMKM baru yang bermunculan. Oleh karenanya kami harap keberadaan UMKM baru ini juga dirangkul, dan tidak saling menjatuhkan satu sama lain,” terangnya.

Ia berharap, ke depan UMKM-UMKM yang sejenis dapat berkolaborasi dan membentuk klaster-klaster UMKM. Sehingga ke depannya bisa saling mendukung dan bisa berbagi informasi dan ilmu.

Ia juga berharap kepada pengelola wisata di Batang untuk bisa bersinergi dengan UMKM lokal, yakni dengan menyediakan stan atau lapak UMKM untuk promosi produk lokal Batang. Melalui cara ini, produk lokal Batang bisa semakin dikenal masyarakat luas, khususnya dari luar kota yang tengah perwisata di Batang.

Ia juga mengapresiasi kehadiran Paguyuban UMKM Batang Bersatu (Pubber) yang sudah menjadi wadah untuk UMKM di Batang. Ke depan ia minta Pubber juga mendukung program klaster UMKM tersebut, yang juga bisa menjadi wadah kerja sama antar UMKM.

“Kami juga mengapresiasi PUBBER yang telah mewadahi UMKM di Batang untuk bisa saling bekerja sama. Ke depan kami harap ada program yang dapat mendukung keberlangsungan UMKM,” harapnya. (nov)